0
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam Satu Data
Madrasah Lebih Baik, dan Lebih Baik Madrasah

Segala Puji Bagi Alloh SWT. Sang pemberi Nikmat dan Hidayah, Sholawat dan Salam Senantiasa terhaturkan Kepada Nabi Akhiruz Zaman Pembawa tuntunan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Dengan Kemajuan teknologi dan berkembangnya sarana informasi dan sharing/berbagi cerita ataupun berkas/file melalui Aplikasi Sosial Media mempermudah kinerja kita serta bisa menghemat waktu dalam melaksanakan tugas dan kegiatan kita.

Baik Melalui Facebook, BBM, Whatsapp, Telegram, serta beberapa aplikasi lain sangat membantu kita untuk mempercepat kinerja kita.
di beberapa aplikasi Sosmed tadi kita bisa berbagi foto, file office, pdf bahkan zip, rar ataupun iso.

tapi terkadang file kiriman dari teman, bisa dibuka langsung melalui smartphone kita untuk mengecek isi file tersebut, namun akan mengelami kesulitan ketika akan mengedit isinya bagi pengguna yang belum terbiasa.

Solusiya adalah dengan memindah file dari smartphone kita ke PC, baik menggunakan desktop, laptop ataupun netbook.

Masalahnya terkadang file yang kita pindah dari HP ke PC didapat dibuka karena file tidak didukung aplikasi PC kita.
dari sini biasanya kita akan meminta teman untuk mengirim ulang file tersebut, namun terkadang kita gengsi mengatakan kalau file nya tidak bisa dibuka, alasan yg sering digunakan adalah "filenya terhapus."

Alhamdulillah saya sering mengalami hal tersebut dan memberikan kesempatan saya untuk mencari tahu bagaimana trik/cara agar file bisa dibuka namun tidak perlu meminta kirim ulang dari teman kita.
Maaf jika pendahuluannya terlalu panjang. langsung saja saya share trik yang saya bisa, jika anda punya trik lain yang lebih simple, monggo dishare.

Langkah - langkah :
1. Chek jenis file yang tidak bisa di buka di Sosmed tempat share

2. Buka File Explorer di PC tempat kita paste file pindahan dari HP/SP (Punya saya difolder Download)
3. Atur Tampilan Explorer seperti gambar di bawah ini
a. Pilih Menu View di Menubar, klik Options, lalu klik Change Folder...
b. Pada Jendela Options, pilih menu View, Skrol kebawah cari Hide Extention for know file tipe. Hilangkan tanda centangnya, klik Apply, kemudian OK.

4. Rename file yang tidak bisa dibuka, tambahkan jenis file : .xls / .docx / .pdf (Misal : File saya.xlsx) jangan lupa tanda baca titik (<nama file><.><jenis file>)

5. Ulang langkah 3 poin a dan b (Hide Extention for know file Centang lagi)
6. Coba Buka file anda

Demikian Share Tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu.

Wassalamu 'Alaikum Wr. Wb.

Posting Komentar

1000 Web Blog Pondok Pesantren

Pelatihan Jarak Jauh tentang 1000 Web Blog Untuk Pondok Pesantren Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah Puji Syukur Atas ...

 
Top